Rabu, 24 Juni 2015

Ponorogoku Kotaku

Taukah kalian letak kota Ponorogo? Apa sih makanan khas kota Ponorogo? Kesenian apa saja yang ada di Ponorogo?
Taukah kalian jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas? Kota Ponorogo terletak di Jawa Timur. Sedang,makanan khas Ponorogo sendiri diantaranya gethuk golan,jenang mirah. Nah sekarang saya bakal
ngebahas nih soal kesenian asli kota kelahiran saya,kota Ponorogo. Salah satu kesenian yang menjadi daya tarik kota ini adalah kesenian reog nya. Pernahkan kalian mendengar kata "kota reog"? Itu adalah nama lain dari kota Ponorogo. Kesenian reog ini patut untuk kita pertahankan keberadaannya sebagai warisan budaya nenek moyang kita. Hampir saja lo kesenian yang berkualitas ini direbut oleh negara tetangga. Kenapa saya bilang kesenian reog berkualitas? Bagaimana tidak,reog memiliki berbagai instrumen-instrumen seni didalamnya,tidak hanya tari namun juga musiknya. Didalam tariannya pun sendiri reog memiliki beberapa tokoh yaitu:
1. Jathil (pasukan berkuda yang melambangkan ketangkasan pasukan itu sendiri)
2. Warok (tokoh yang menggambarkan sesepuh yang memberi arahan atau nasihat)
3. Bari (inilah tokoh utama dalam pertunjukan ini. Seseorang yang berada didalam kostum ini memiliki andil yang sangat besar karena haruslah kuat gigi meraka untuk mengangkat kostum yang terbuat dari rotan dan kayu serta dilengkapi hiasan kulit harimau dan bulu merak)
4. Klono Sewandono (tokoh seorang raja yang memiliki sebuah pecut/senjata yang bernama pecut samandiman)
5. Bujang Ganong (tokoh yang memiliki karakter energik dan memiliki kemampuan seni bela diri)
Reog memiliki insturumen musik didalamnya tanpa adanya iringan musik gamelan tersebut reog akan terasa hambar. Kesenian reog ini sering sekali dijumpai saat memasuki bulan sura,malam bulan purnama,FRN,dan acara-acara lainnya. Biasanya reog ditampilkan di aloon-aloon kota sebagai hiburan warga. Bukan hanya warga dari kalangan tertentu saja yang bisa melihat pementasan kesenian reog ini,namun dari berbagai kalanganpun bisa menyaksikan kesenian tersebut. Bukan hanya masyarakat kota Ponorogo yang berantusias untuk menyaksikan pertunjukan reog,banyak masyarakat dari luar kota bahkan luar pulau berbondong-bondong menyaksikan serunya penampilan barong dkk. Jika kalian penasaran menyaksikan pertunjukan ini kaliana bisa datang sendiri ke kota kelahiran saya ini atau menontonnya diyoutube.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar